SMS Center Pemko Medan : 0819 600 1234

Selasa, 20 Desember 2011

Medan Terancam Gempa 7SR

infokotamedan.com - Pantai Barat Sumatera, Jawa Selatan sampai Bali berpotensi dilanda gempa besar berkuatan mencapai 7 Skala Ritcher (SR). Informasi ini dirilis sebuah situs yang secara berkala menampilkan potensi gempa di dunia, yaitu: http://nextearthquake.com.

Situs yang diasuh oleh DR.RJ Roberts Ph.D, Entomology dari Universitas Illinois dan Principal Research Scientist in CSIRO Australia merilis proyeksi potensi skala gempa yang cukup mengkhawatirkan di beberapa wilayah di Indonesia, meliputi:

1. Wilayah Sumatera bagian utara, sekitar 500 kilometer (km) dari Medan, yang diperkirakan terjadi pada 20 Desember (plus/minus 3 hari)

2. Wlayah Sumatera bagian selatan, sekitar 350 km dari Bengkulu Utara, yang diperkirakan terjadi sekitar 20 Desember (plus/minus 3 hari)

3. Selat Sunda sepanjang kawasan Sumatera bagian selatan hingga wilayah Jawa, meliputi Sumatera bagian paling selatan dan wilayah Jawa bagian barat. Potensi gempa di sekitar 450 km dari pusat Selat Sunda, yang diperkirakan terjadi pada 20 Desember (plus/minus 3 hari).

Menanggapi itu, Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief, menghimbau masyarakat tidak perlu panik. Menurutnya, apa yang dirilis oleh DR RJ Robert Ph.D bukan hal baru, walaupun informasinya menjadi penting karena ada perkiraan waktu terjadinya.

Andi menyebutkan, walau sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi waktu akan terjadinya gempa secara tepat, "Tapi kita tetap harus selalu waspada terhadap potensi bencana alam termasuk gempa, karena itu adalah semangat dari mitigasi menghadapi bencana alam terkait wilayah Indonesia yang memang merupakan zona rawan bencana," ujarnya.

Seperti diketahui bahwa selain Mentawai, Selat Sunda, selatan Jawa sampai Bali adalah daerah-daerah yang berpotensi megathrust, karena memasuki siklusnya. Geotek LIPI juga memiliki pemantauan GPS di puluhan titik di pantai barat sumatera. BMKG juga sudah keluarkan warning untuk selatan Jawa, juga BNPB.

Bahkan dua bulan lalu, BMKG menjadi host drilling Tsunami sepanjang Samudera Hindia. PVMBG juga sedang hadapi kesiapsiagaan terhadap naiknya ativitas lebih 20 gunung api di Indonesia yang juga berhubungan erat dengan aktivitas tektonik. "Peningkatan kewaspadaan adalah faktor penting. Gempa dan tsunami bukan untuk ditakuti, tapi untuk dihadapi dengan teknologi termasuk dengan budaya mitigasi," ujar Andi.

sumber : waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar