SMS Center Pemko Medan : 0819 600 1234

Selasa, 12 Juli 2011

2013, AIR BERSIH TERSEDIA DI MEDAN

Perusahaan air minum daerah (PDAM) Tirtanadi kota Medan menjamin pada awal tahun 2013, seluruh warga Kota Medan dan sekitarnya akan dapat menikmati ketersediaan air minum.

Hal tersebut dikatakan Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi usai acara aksi penanaman pohon yang dilakukan oleh pewarta peduli air dikawasan daerah resapan air Kecamatan Sibolangit beberapa waktu lalu.

"Untuk mengatasi ketersedian air bersih untuk warga, maka sebanyak 8 sumur bor akan dibangun, 4 diantarnya selesai pada akhir Agustus ini. Namun untuk jangka panjang, pihaknya akan menambah kapasitas 500 liter/detik dari instalasi pengolahan air yang ada di cabang Sunggal, pembangunannya sendiri direncanakan bulan juli ini, dan diharapkan  beroperasi awal tahun 2013," ucap Ahmad Thamrin.

 Ahmad Thamrin menegaskan bahwa saat ini pertumbuhan pelanggan PDAM yang terus bertambah membuat kondisi pendistribusian air di medan terbilang pas-pasan, bahkan adanya keluhan pelanggan tentang masalah air dibeberapa kawasan seperti Helevetia, Simalingkar dan Marelan itu memang kita akui ada terjadi gangguan namun permasalahan ini segera bisa teratasi.

Sementara itu untuk pendistribusian air yang berasal dari PDAM Sibolangit, menurut Thamrin tidak sepenuhnya dapat diandalkan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih warga medan, dikarenakan debit air dikawasan tersebut semakin sedikit dan hanya mampu mencukupi hingga kawasan Johor, Deli tua, dan Pancur Batu saja.

Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Medan dan sekitarnya, PDAM Tirtanadi masih mengandalkan sumber air yang berasal dari hulu Sungai Deli tua, Sunggal, dan instalasi pengolahan air Limau manis dan Hamparan perak. Begitu juga untuk kawasan Belawan dan sekitarnya, pihak PDAM Tirtanadi telah membangun Reservoard di Marelan sehingga kebutuhan air bersih bisa teratasi dengan baik.

Untuk itulah diharapkan awal tahun 2013, permasalahan penyaluran air bersih di Kota Medan akan dapat teratasi, sementara untuk mengatasi problem air bersih saat ini, PDAM Tirtanadi Medan akan membangun 8 sumur bor untuk ketersediaan air bagi warga Medan dan sekitarnya. (pemkomedan.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar