SMS Center Pemko Medan : 0819 600 1234

Selasa, 31 Januari 2012

Unimed Terima 1.049 Mahasiswa Melalui Jalur Undangan

infokotamedan.com -  Universitas Negeri Medan (Unimed) menerima sebanyak 1.049 calon mahasiswa baru melalui jalur undangan yang akan ditempatkan pada 38 program studi di perguruan tinggi itu untuk tahun akademik 2012/2013.

"Dari kuota 1.049, sebanyak 503 merupakan penerima beasiswa bidik misi. Mereka yang boleh ikut jalur undangan ini adalah memiliki prestasi akademik di sekolahnya,"kata Rektor Unimed Ibnu Hajar di Medan, Selasa 31 Januari 2012.

Ia mengatakan, jalur undangan merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis atau ujian keterampilan.

Siswa yang berhak mengikuti jalur undangan adalah berasal dari sekolah yang diundang oleh panitia SNMPTN.

Daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN jalur undangan (http://undangan.snmptn.ac.id). Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa didaftarkan oleh kepala sekolah masing-masing.

"Pendaftaran jalur undangan ini akan dimulai pada 1 Februari-8 Maret 2011, sesuai dengan panduan umum jalur Undangan SNMPTN 2011. Kemudian, dilanjutkan dengan proses seleksi 9 Maret-15 Mei 2012 dan diumumkan 25 Mei 2012," katanya.

Pembantu Rektor I Unimed Prof Khairil Ansyari mengatakan tujuan jalur undangan itu adalah untuk memberikan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.

"Juga untuk mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/MA/SMK, serta memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah untuk menjadi bagian pelaksana awal di tingkat sekolah," katanya.

Ia mengatakan, sesuai dengan yang ditetapkan pusat, penerimaaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, transparan dan tidak diskriminatif dengan membedakan jenis kelamin, tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA hendaknya dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikaan studi di perguruan tinggi berdasarkan penilaian dan rekomendasi kepala sekolah.

"Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa. Itulah beberapa alasan mengapa jalur undangan tersebut diberlakukan untuk semua perguruan tinggi negeri," katanya.

sumber : eksposnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar