SMS Center Pemko Medan : 0819 600 1234

Selasa, 15 November 2011

40 Universitas Eropa Promosi di Medan

infokotamedan.com - Sedikitnya 40 universitas dari berbagai negara di Eropa melakukan promosi di Medan, Sumatera Utara, untuk memperkenalkan keunggulan dan memberikan kemudahan bagi pelajar Indonesia yang berniat kuliah di benua itu.

Wakil Kepala Delegasi Uni Eropa (UE) untuk Indonesia, Brunei Darussalam, dan ASEAN Colin Crooks di Medan, Selasa, mengatakan, ke-40 universitas tersebut mengikuti Pameran Pendidikan Tinggi Eropa atau European Higher Education Fair (EHEF) 2011 di Medan yang digelar hanya satu hari.

Uni Eropa dan negara anggotanya berkomitmen untuk memberikan akses bagi siswa dan para profesional di Indonesia yang ingin melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di seluruh wilayah Eropa.

“Apapun pilihan studinya, baik ilmiah, teknis, seni, bisnis maupun ekonomi, dapat dipilih berbagai macam program yang ditawarkan universitas-universitas di Eropa yang selalu mengaitkan pendidikan dan pelatihan dengan bisnis, industri, dan pengalaman magang,” katanya.

Ke- 40 Universitas yang mengikuti EHEF 2011 di Medan tersebut di antaranya TUM Asia, Rheinland Institut, University Duisburg Essen (Jerman), Poltecnico Di Milano, University of Calabria, Instituto Europeo di Design (Italia), American College (Ciprus) dan Central European University (Hungaria).

Kemudian International of Social Studiess, Hanze University of Appled of Sciences, University of Groningen, University Twente (Belanda), University of The West England, University College Birmingham, University of Bath (Inggris) serta Trinity College ind University College Dublin (Irlandia).

Lebih lanjut ia mengatakan, universitas yang berpartisipasi dalam EHEF 2011 tersebut akan memberikan sejumlah informasi kepada para siswa dan profesional Indonesia yang berminat terhadap pendidikan di Eropa yang terkenal akan standar akademis yang tinggi.

Informasi yang bisa diperoleh seperti beasiswa, beragamnya program bergelar internasional, fasilitas riset terkini, serta keberagaman budaya, bahasa, dan lembaga sosial.

“Setiap tahun lebih dari 2.600 siswa Indonesia memulai studi di universitas-universitas di Eropa dan sekitar seribu di antaranya berangkat atas beasiswa dari berbagai lembaga,” katanya.

EHEF 2011 diselenggarakan oleh UE bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dan didukung oleh British Council (Inggris), Campus France (Prancis), DAAD (Jerman) dan Nuffic Neso (Belanda).

Sebagai pameran pendidikan Eropa terbesar di Indonesia, EHEF 2011 adalah pameran ketiga yang diselenggarakan menyusul suksesnya EHEF 2008 dan 2010.

Sekretaris Dinas Pendidikan Sumatera Utara Bahauddin Manik dalam kesempatan yang sama mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan tersebut karena pelajar Sumut akan semakin tahu tentang berbagai perguruan tinggi di Eropa.

“Apalagi banyak beasiswa yang ditawarkan, ini menjadi peluang bagi pelajar di Sumatera Utara untuk menimba ilmu di berbagai universitas terkemuka di Eropa,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar