SMS Center Pemko Medan : 0819 600 1234

Kamis, 08 September 2011

BMKG Polonia Medan : Awas! Medan Rawan Angin Kencang Hingga Akhir September 2011

MEDAN - Badan Meterologi Klimatologi  dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Stasiun Bandara Polonia Medan memperingatkan bahaya angin kencang khususnya di Medan sekitarnya masih berpotensi terjadi hingga akhir September 2011.

“Masyarakat Medan diingatkan meningkatkan kewaspadaan bahaya angin kencang terutama saat mengendarai kenderaan di sepanjang jalan yang ada pohon-pohon tinggi,” Hartanto, Kepala Data dan Informasi (Datin) pada BMKG Wilayah I Stasiun Bandara Polonia Medan.


Sementara potensi hujan ke depan diperkirakan juga masih akan terjadi hingga akhir September, baik di kawasan pergunungan dan lereng-lereng perbukitan di kawasan pesisir timur Sumut terutama Deliserdang, Medan dan Langkat.

Kawasan Medan juga berpeluang hujan intensitas tinggi dan sedang. Begitupun Hartarto menilai, peluang banjir kiriman dari hulu sungai bakal terjadi, baik Sungai Deli, Denai dan Sungai Babura.

Kemarin, angin puting beliung melanda kawasan Medan sekitarnya dan daerah Deli Serdang yang mengakibatkan rumah warga dan pepohonan bertumbangan. Angin kencang disertai hujan deras juga melumpuhkan lalu lintas Medan.

Menurut data BMKG, kecepatan angin saat yang terjadi kemarin siang  mencapai angka 20 hingga 25 knot atau kira-kira 40 Km hingga 50 Km/jam,  tergolong angin kecepatan tinggi dan menumbangkan pohon-pohon. Namun, dia membantah hantaman angin yang melanda Medan, siang tadi termasuk angin puting beliung.

Kewaspadaan juga diingatkan analis lalu lintas dari Universitas Sumatera Utara, Filianti Bangun. "Jika tengah berkendara dan ada indikasi akan angin kencang, sebaiknya pengendara berhati-hati. Jauhkan kendaraan dari pepohonan dan jika jarak pandang terpengaruh, sebaiknya menghentikan kendaraan di tempat aman," ingatnya.

(waspada.co.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar