SMS Center Pemko Medan : 0819 600 1234

Selasa, 06 Maret 2012

Rumah Sakit Pendidikan USU Siap Dioperasikan Tahun Ini

infokotamedan.com – Rumah Sakit Pendidikan Universitas Sumatera Utara siap dioperasikan menyusul telah selesainya pembangunan fisik rumah sakit yang dibangun atas bantuan Islam Development Bank (IDB) tersebut.

“Jika tidak ada halangan kemungkinan sekitar September 2012 sudah diresmikan pengoperasiannya. Saat ini proses pengisian berbagai peralatan medis terus dilakuan,” kata Kabag Humas Universitas Sumatera Utara (USU) Bisru Hafi di Medan Senin.

Demikian juga dengan tenaga sumber daya manusia (SDM), seperti tenaga dokter, perawat maupun tenaga administrasi sedang dalam pematangan. Seperti misalnya pelatihan terhadap tenaga perawat yang baru-baru ini sudah selesai dilaksanakan.

“Operasional rumah sakit ini akan dilakukan secara bertahap, disesuaikan dengan ketersediaan alat-alat dan tenaga yang ada. Dengan kapasitas hampir 600 tempat tidur tentunya nantinya akan membutuhkan banyak tenaga medis, namun itu secara perlahan akan kita penuhi,” katanya.

Ia mengatakan kepastian kapan beroperasinya tumah sakit pendidikan terbesar di Indonesia itu sebenarnya sudah direncanakan bersamaan dengan Dies Natalis USU ke-60 pada 20 Agustus 2012.

Namun karena Dies Natalis tersebut berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri, maka jadwal peresmian rumah sakit itu diundur hingga September 2012. Menurut rencana peresmian akan dilakukan langsung oleh Presiden SBY.

“Persemian akan dilakukan oleh pusat dan menurut rencana akan dilakukan oleh Presiden. Surat permohonan peresmian itu juga sudah disampaikan ke pusat,” katanya.

Sebelumnya Rektor USU Prof Syahril Pasaribu mengatakan tujuan didirikannya rumah sakit tersebut antara lain sebagai tempat pendidikan bagi dokter untuk mengaplikasikan ilmunya, dan dapat meminimalkan masyarakat untuk bepergian ke luar negeri untuk berobat.

Karena menurut dia, sumber daya lokal juga tidak kalah dengan luar negeri, yang perlu ditingkatkan adalah dari segi pelayanannya saja. Dengan kata lain pelayanan maksimal akan menjadi salah satu prioritas rumah sakit itu kedepannya.

Rumah sakit itu dibangun dalam dua wing berlantai empat dan lima. Wing pertama untuk praktik mahasiswa Kedokteran USU sebagai rumah sakit pendidikan, sedangkan satu bangunan lagi diperuntukkan bagi pasien yang menjalani rawat inap.

Rumah Sakit itu juga akan dilengkapi 575 tempat tidur dengan 16 kamar bedah, poliklinik lengkap plus dengan sejumlah dokter, baik umum maupun spesialis, kantin, apotek dan areal parkir mampu menampung 400 kendaraan roda dua dan 200 roda empat.

sumber : antarasumut.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar