SMS Center Pemko Medan : 0819 600 1234

Jumat, 08 Juli 2011

Perlintasan Kereta Api dari Medan ke Bandara Kuala Namu Beres


MEDAN - Pembangunan perlintasan kereta api (railway) ke Bandara Kuala Namu di Desa Beringin Deli Serdang dari Medan dinyatakan telah beres dan tinggal pelaksanaannya. Segala proses lahan dan tender telah selesai dan tinggal menunggu realisasi.

"Pembangunan perlintasan  KA (kereta api) Bandara Kuala Namu segera akan dimulai tahun ini juga," ujar Humas Project Bandara Kuala Namu, PT Angkasa Pura (AP) II, Wisnu Budi Setianto, hari ini.

Dikatakan, pembangunan railway akan dilaksanakan anak perusahaan PT Kereta Api, PT Railink dan bekerja sama dengan pihak swasta untuk membangun jalur railway sepanjang lima kilometer lebih, mulai dari Desa Aras Kabu hingga menuju terminal Bandara Kuala Namu. Pembangunan ini diperkirakan menghabiskan biaya sampai Rp84 miliar. Selain railway, juga akan dibangun sarana terminal atau city check in di Stasiun Besar Kereta Api (KA), Medan.

Sedangkan menurut Humas PT KA Divre I Sumatera Utara-Aceh, Irwan, proses pembangunan rel KA dari stasiun Aras Kabu hingga Bandara Kuala Namu dalam proses tender di Jakarta.

Sampai saat ini, pembangunan akses road ke Bandara Kuala Namu, khususnya akses tol road dan non-tol masih terkendala pembebasan lahan yang melintasi lahan PTPN 2 dan pemukiman warga. Kabar terakhir menyebut, Peraturan gubernur tentang pembebasan lahan tersebut masih dibahas di Pemprov Sumut sehingga pembangunan akses road non-tol dan tol road masih belum dapat direalisasikan.

Editor: HARLES SILITONGA
Copy Editor: IMANIURI SILABAN
(dat05/wol)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar